Saturday 14 April 2012

CRUD ( create, read, update, delete ) dengan Codeigniter Framework

Sabtu pagi, bangun jam 9 am dibangunin si keponakan diajak maenn, hadeeh, padahal kemarin malem gue begadang tuh nonton indonesian idol +  ngeerjain aplikasi (CRUD) pertama gue,
sambil ngantuk sempoyongan, gue bikin kopi, trus  bawa laptop + bawa kopi  gue kekamar ibuk gue di lantai 2 ,, habis di kamar bawah ga ada sinyal, paling dapetnya sinyal smart 1x,, kecil lagi, mending diatas toh lebih kuat sinyalnya, yah walopun ga kuat kuat juga siihh,, hadeehh..

gue sudahin curhat gue,, hehe, ntar bosen lagi,,
terinspirasi dari blognya gedelumbung, gue juga pengen buat aplikasi menggunakan codeigniter framework, codeigniniter framework sendiri dirilis awal pada tahun 2006.. dan gue baru tau semester 6 ini. hadeeh,, ketinggalan jaman lagi guee,, OOP, ya codeigniter  di bangun berdasarkan object oriented programing,
dan bekerja dengan menggunakan konsep Model View Control,,

hmm,, berhubung gue juga baru belajar codeigniter,, gue cuma pengen sharing aja sihh,, siapa tau ntar bisan nambah referensi buat kalian belajar ,, ne ci semalam suntuk gue buat, hhahaha maklum masih amatir,, hhhehe


untuk databasenya cuma isi satu tabel dengan  field - field, id_artikel,  judul_artikel, dan text_artikel,
nah ini untuk penampakan web nya, udah isi operasi crud (create, read, update, delete),,



CRUD


nah ne penampakan controller yang ane buat dengan menggunakan referensi di web gedelumbung,.
web di gedelumbung itu cakupannya cukup luas, jadi ane ringkas dan mengambil langkah langkah operasi CRUD nya saja,

controller webadmin.php


class Webadmin extends CI_Controller {
 function Webadmin()
 {
  parent::__construct(); 
  session_start();
  $this->load->helper(array('form','url', 'text_helper'));
  $this->load->database(); // meload database
  $this->load->model('webadmin_model'); // meload model
 }
 function index() // menampilkan admin page
 {
  $data = array();
  $this->load->view('admpage','$data');  
 }
 
 function artikel() // menampilkan artikel
 {
  $data = array();
  $data['daftarartikel'] = $this->webadmin_model->Artikel(); menuju model dan melaksanakan fungsi artikle()
  $this->load->view('artikel',$data); // mempasing variabel $data ke view artikel.php
    
   
 }
 function tambahartikel()
 { 
   $data = array(); 
   $this->load->view('tambahartikel');
 }
 
 function simpanartikel()
 {
   $data = array(); 
   $data['id_artikel'] = $this->input->post('id_artikel'); //menggunakan post untuk mendapatkan passing data dari halaman tambahartikel
   $data['judul_artikel'] = $this->input->post('judul_artikel');
   $data['text_artikel'] = $this->input->post('text_artikel');  
   $this->webadmin_model->Simpan_artikel($data); 
 }
 
 function editartikel()
 {
  $id='';
  if ($this->uri->segment(3) === FALSE)
  {
       $id=$id;
  }
  else
  {
       $id = $this->uri->segment(3);
  }
  $data = array();
  $data['edit'] = $this->webadmin_model->editartikel("artikel","id_artikel=$id");
  $this->load->view('editartikel',$data);
  
 }
function updateartikel()
 {
  $data2 = array();
    $data2["id_artikel"]=$this->input->post('artikel');
    $data2["judul_artikel"]=$this->input->post('judul');
    $data2["text_artikel"]=$this->input->post('text_artikel');
    $this->webadmin_model->update_artikel("artikel",$data2,"id_artikel");
    
 }
 
 function hapusartikel()
 {
  $id='';
  if ($this->uri->segment(3) === FALSE)
  {
       $id=$id;
  }
  else
  {
       $id = $this->uri->segment(3);
  }
  $data = array();
   $this->webadmin_model->delete_artikel($id,"id_artikel","artikel");
      
  
 }
 
 
}


dari pada gue ribet masang code disini, n nambah lambat lu ntar buka webnya, ne gue kasi aja file lengkappnya semoga bisa membantu kalian yang pengen belajar tentang framework, jangan lupa comment ia, ne web masih sepi, gue belum ngerti tentang seo, hadeeh,,,










mahasiswa terlantar yang mencoba belajar mandiri

No comments:

Post a Comment