Friday 18 May 2012

Sistem Informasi Akademik Sederhana


     Hari kamis, pagi ini q sengaja bangun siang karena memang pada hari ini adalah hari libur nasional, tepatnya hari waisak. Lumayanlah setelah 3 hari ngajag tabanan jimbaran, q dapat istirahat.
Minggu minggu ini menjadi hari hari yang menegangkan bagi anak semester 6 mi,  karena sekitar 2 ½ bulan lagi kita harus menyelesaikan Tugas Proyek Akhir dalam bentuk perankat lunak dan Laporan dan rencananya liburan x ini saya akan melanjutkan proyek inventory control ane yang masih terlantar difolder TA,  semoga cepet terselesaikan.
    Hmm, lanjut ke judul postingan saya kali ini, yaitu membuat sistem informasi akademik sederhana, Web ini saya kerjakan pada saat melaksanakan pkl di prodi mesin, awalnya q sama sekali belum pernah membuat web dinamis, (web dinamis itu loh, kontennya bias diubah melalui control admin),  karena memang mahasiswa belum pernah dikasi project membuat web dinamis pada saat perkuliahan, entah kenapa… :D hahaha
      Pada saat awal pembuatan web prodi ini saya benar benar pusing mulai merancang desain web  dan sistem yang akan dibuat,  tidak seimbang dengan kemampuan saya, dengan semangat mulai deh saya belajar belajar, copy copy contoh web kelas sebelah, belajar dari tutorial, tanya tanya dosen. 1 bulan waktu pkl telh berlangsung mentok juga ne web, udah tidak mud melanjutkannya dan juga sudah malas melihat koding yang berantakan. Salah satu teman saya memberikan saran coba deh buat pake joomla. ane sih ga tau apa to joomla ia, mulai deh melajarin joomla, ternyata joomla adalah sebuah konten manajemen sistem yang dapat membuat web secara instan, dan akhirnya cukup beberapa minggu jadi deh web to prodi dengan joomla, hehee,
Nah berhubung web yang ane buat secara konvensional  itu tidak digunakan, maka saya maw sharing web tersebut, untuk penampakannya bisa dilihat dibawah ini, pada header saya tidak berikan nama sistem informasi akademik karena web belum jadi, jadi web ini saya namain just for study php, ya memang hanya untuk belajar php aja ne web akhirnya. 




sistem yang saya buat ini  ERDnya seperti ini.



artinya satu dosen dapat membuat banyak artikel dan 1 artikel dapat ditulis oleh satu dosen saja. Fasilitas admin page yang ada yaitu : membuat artikel (wysiwyg), menyimpan data dosen dan manajemen user.
masih sederhana bukan ?

Untuk belajar PHP lumayanlah, coba aja download, siapa tau dapat menambah referensi kalian bagi yang baru belajar PHP. :D username : admin, password : admin.
untuk versi php dan mysql  saya menggunakan XAMPP version 1.7.3 dengan MySQL 5.1.41 dan PHP 5.3.1 


2 comments: